gravatar

Banyak Hoax Beredar Tentang Ujian Nasional (UN) Datang Setelah Ujian Nasional (UN) Berakhir

Assalamu'alaikum Wr. Wbr.

Akhir-akhir ini UN banyak meresahkan para siswa. Beberapa hari lalu, Ujian Nasional bagi siswa SMP dan sekolah yang setara telah dilaksanakan. Ujian Nasional tersebut memang tidak seburuk Ujian Nasional pada SMA katanya terdapat banyak soal olimpiade.

Setelah beberapa hari setelah Ujian Nasional SMP dilaksanakan, mulai muncul hoax yang telah saya selidiki. Saya akan membahas tentang adanya Hoax yang beredar setelah terjadinya Ujian Nasional SMP tahun 2014.

  1. Ujian Nasional SMP akan diulang karena adanya bocoran. Berita tersebut memberikan kata-kata penguat bukti dengan ICW dan MetroTV  
    • Saya tidak menemukan bukti yang pasti pada berita tersebut, memang ada foto pada tanyangan MetroTV tapi belum bisa dijelaskan.
    • Saya juga menemukan link yang dibubuhkan pada berita tersebut. Di dalam link tersebut ada berita yang menyatakan UN Matematika SMP Akan Diulang (klik untuk melihat). Pada berita tersebut terdapat tanggal publikasi yaitu 6-05-2012 17:37 atau pada 6 Mei 2012 yang bukan berarti pada tahun 2014 ini.  

  2. Ujian Nasional SMA akan dilaksanakan 2 kali. Pada kelas 11 dan 12. Berita tersebut membawa nama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Twitter
    • aSaya melihat bahwa twitter yang dicantumkan adalah twitter @Kemendikbud_RI.
    • Pada twitter tersebut sudah terlihat bahwa twitter tersebut jarang sekali digunakan dan itu salah satu yang janggal.
    • Twitter official (resmi) milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan adalah @Kemdikbud_RI.
Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi pembaca.
Saya hanya berpesan bagi teman-teman sekalian yang sering tertipu oleh Hoax atau berita palsu agar selalu waspada.

Wassalamu'alaikum Wr. Wbr.

Tolong berikan Komentar yang sopan ya...
Dilarang memberi iklan, ejekan, dan spam. Diperbolehkan menyertakan link anda :D