gravatar

Tips & Trick Belajar yang Baik, Efektif, dan Efisien

Belajar adalah hal yang sering dipermasalahkan para pelajar. Karena belajar pendorong utama nilai - nilai seorang pelajar. Banyak cara belajar di dunia ini, bahkan dalam satu kelas mungkin memiliki cara belajar yang berbeda. Apakah yang dimaksud dengan belajar efektif? Yaitu belajar dapat memperbaiki atau meningkatkan prestasi. Jadi menurut saya, lebih baik tidak belajar daripada tidak efektif karena akan membuang waktu, lebih baik mencari ilmu yang lain. Ingat, waktu adalah uang, daripada waktu dibuang percuma, lebih baik kita gunakan hal yang lebih berguna.

Berikut 5 inilah kunci belajar yang baik, efektif, dan efisien :

  1. Adanya rasa keingintahuan
    Kunci utama efektif, harus ada rasa keingintahuan. Jika ada rasa ingin tau, pasti akan tersimpan dalam memori otak. Contoh saja anak kecil menanyakan nama suatu barang dan dijawab oleh orang tuanya, dia akan menyebut nama barang itu seperti yang dikatakan orang tuanya.

  2. Belajar dengan suka bukan paksaan
    Jika belajar dengan paksaan, suruhan, dan sebagainya akan merasa malas. Tentu saja malas mempengaruhi daya pikir seseorang. Kemungkinan besar hanya membaca singkat dan tertidur.

  3. Melakukan berkali-kali
    Menurut Thomas Alfa Edison, "One more time". Hendaknya kita berlatih lagi hingga berhasil. Jika ada kendala, bisa mencari di berbagai sumber ataupun guru.

  4. Belajar bukan berarti wajib membaca
    Sifat setiap orang pasti berbeda, ada yang suka membaca juga ada yang tidak. Ada 3 bentuk cara belajar yaitu Visual (melihat), Audiotory (mendengar), dan Kinesthetic atau Tactile (melakukan/bergerak). Jadi tidak perlu memaksakan membaca jika bisa belajar dengan pendengaran atau melakukan.

  5. Mengerjakan tugas
    Menurut saya, ini adalah cara yang paling efisien. Kita pikir terlebih dahulu. Untuk apa tugas? Apa yang kamu lakukan ketika ada tugas? Sebenarnya tugas yang diberikan oleh guru itu mengajak kamu untuk membaca materi yang telah/akan dipelajari.

Sekian cara - cara belajar efektif menurut saya (Satria Manggala Jati).
Semoga cara belajar yang baik, efektif, dan efisien bisa meningkatkan prestasi di sekolah.

Sumber : http://satriamanggalajati.blogspot.com/2013/10/tips-trick-yang-baik-efektif-dan-efisien.html

Tolong berikan Komentar yang sopan ya...
Dilarang memberi iklan, ejekan, dan spam. Diperbolehkan menyertakan link anda :D